BETULKAH MERINTIS BISNIS PROPERTI SEBAGAI PENGEMBANG BENAR-BENAR GAMPANG??? Silahkan simak jawabannya disini : http://bukupengembangproperti.blogspot.com/2012/03/merintis-bisnis-properti-sebagai.html

Cari Artikel Menarik Disini

Selasa, 13 Juni 2017

MENGHITUNG KEBUTUHAN MODAL KERJA

NYAWAMU CUMA ADA 6 BULAN

Suhu AW, gimana cara menghitung kebutuhan modal sebuah proyek properti?

"Yeah, jawabannya panjang. Sulit dijelaskan melalui chat di WA seperti ini. Mesti buka laptop dan melakukan simulasi perhitungan."

Ada konsep dasarnya? Maksud saya penjelasannya secara makro.

"Ada! Menghitung kebutuhan modal kerja ala PERGURUAN KUNGFU PROPERTI sebenarnya hanyalah upaya menyediakan nyawa proyek kita selama 6 bln pertama.
Artinya semua kebutuhan untuk bayar DP tanah, desain perijinan, pematangan lahan, overhead cost, dan bangunan untuk 6 bln pertama harus disediakan."

Cuma 6 bulan pertama saja? Lalu bagaimana nasib proyek di bulan ke 7 dan seterusnya.

"Nyawa bulan ke 7 dan seterusnya harus hidup dari perputaran cashflow proyek. Dari uang muka konsumen, dari pencairan KPR, dari kredit konstruksi, mungkin juga dari penerapan jurus kadal buntung, yaitu menjual unit dengan harga super murah yang penting bayarnya harus cash keras. Itu supaya ada cash in dalam jumlah besar masuk ke rekening proyek."

Lha kalau tidak ada penjualan bagaimana?

"Wassalam .. "

Ada tips untuk memperkecil kebutuhan modal sebuah proyek?

"Tips nya sederhana. Jangan pernah beli lahan secara tunai. Karena di item biaya itulah yang menyedot modal paling besar. Makanya berusahalah mencari transaksi hotdeal, yaitu menguasai lahan dengan DP kecil dan sisanya diangsur panjang. Kuncinya cuma disitu. Yang lain lain sudah terukur dan sulit dilakukan efisiensi lagi."

Bagaimana cara kita bisa mendapatkan transaksi hotdeal?

"Ikut saja workshopnya PERGURUAN KUNGFU PROPERTI. Semua jurus dan tekniknya diajarkan disitu. Kelas terdekat diadakan di Yogya pada TGL 8-9 Juli 2017 mendatang. Daftar ke sdr Eko di 0853 8543 4168."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis