BETULKAH MERINTIS BISNIS PROPERTI SEBAGAI PENGEMBANG BENAR-BENAR GAMPANG??? Silahkan simak jawabannya disini : http://bukupengembangproperti.blogspot.com/2012/03/merintis-bisnis-properti-sebagai.html

Cari Artikel Menarik Disini

Senin, 26 Maret 2012

Miss XXX DAN TRIO MENDOAN

Miss XXX DAN TRIO MENDOAN
Menciptakan Keunggulan Kompetitif

AriWibowoJinProperti.blogspot.com - Saya berteman akrab dengan mas HS, seorang pencipta lagu-lagu Jawa (campursari) yang beberapa diantaranya cukup populer, misal; Cucak Rowo, Hewes-Hewes, Bojo Loro, Tanjungmas Ninggal Janji dll. Jika anda penggemar musik campursari, saya yakin anda kenal lagu-lagu tersebut.

Suatu ketika mas HS sms saya ajak ketemuan di sebuah cafe dengan kalimat; "Mas AW, ada 3 cewek cakep yang bisa dijadikan bisnis neh, ayo ngopi bareng aku ....". Singkat cerita, kami bertemu.

Mas HS bercerita, ada 3 vokalis cewek muda dengan suara yahud dan tampangnya imut, yang pengin diorbitkan sebagai penyanyi. Modalnya cuma kemampuan olah vokal saja, sedangkan untuk hal-hal lain seperti; cari lagu, bikin album, musik pengiring, rekaman, job order manggung dll adalah tanggung jawab management artist.

Lha opportunity buat kita yang mana mas? Tanya saya agak bingung.

Dijawabnya kami berdua yang jadi management artisnya. 3 penyanyi tersebut kami kontrak, kami carikan lagu, kami buatkan album di studio rekaman, dipasarkan CD nya, dan dicarikan job manggung. Biayanya berkisar Rp 90 jutaan saja. Karena suplai lagu akan dibuatkan mas HS, jadi fee pencipta lagu bisa ditiadakan dulu, bayar belakangan. Produksi rekaman dikerjakan sendiri. Soal distribusi CD nya akan dititipkan perusahaan label besar yang sudah mapan.

Dia punya planning, grup vokal tersebut akan dicarikan nama yang unik. Akan disiapkan 10 lagu andalan, dimana 2-3 lagu diantaranya berpotensi jadi hit. Sudah ada lagu yang akan diandalkan, judulnya Macan Tua. Nanti lagu itu yang akan dibuatkan video klipnya.

Wah, menarik juga nih. Meski saya tak paham industri macam beginian, tapi karena saya punya ilmu marketing dan teori menciptakan keunggulan kompetitif (competitive advantage), saya menyarankan hal-hal sbb;

DIFFERENSIASI
Nama grupnya saya usulkan TRIO MENDOAN saja. Ini nama unik menggelitik. Easy spelling easy listening. Yang mendengar akan nyengir, tapi sebenarnya nama itu langsung tertanam di benaknya dalam-dalam. Mak jlebbb !!!
Aksi panggungnya juga saya usulkan bawa karakter gaya yang berbeda (different). Jangan norak dan seronok, tapi goyangnya tetap menghibur. Saya yakin tanpa goyang seronok sekalipun, suara dan wajah imut 3 penyanyi itu enak dilihat. Apalagi yang bernama miss xxx (tak berani sebut), dijamin pria normal terkiung-kiung melihatnya.

COST LEADERSHIP
Untuk harga jual CD nya, saya sarankan ambil margin lebih rendah 10-20% dari margin normal di industri rekaman. Untuk tarif live show nya, bahkan saya sarankan cukup 1,5 juta saja sekali manggung, asal ditanggung transportasi - akomodasinya. Kenapa? Supaya order manggung padat, dan lagunya cepat dikenal banyak orang. Yang diincar adalah bahwa nanti lagunya laris manis dijadikan RBT (ring back tone). Itu kue rejeki yang sesungguhnya.

FOCUS
Jika benar Trio Mendoan ini bisa ngetop, saya yakin ini adalah trio dangdut (campursari) dengan wajah paling cantik yang pernah ada di republik ini. Cantik mereka bukan jadi-jadian. Bangun tidur sekalipun dijamin mereka tetap cantik. Itulah the most benefit yang melekat pada diri mereka, yang menjadi pemikat fans mereka nanti. Jika kami tahu itu daya tarik terbesar mereka, maka kami mesti fokus mengeksploitasi kecantikan mereka itu sebagai pesona andalan memikat publik. Mungkin di phase awal pemunculan Trio Mendoan akan kami dandani ala Korean Style dengan rambut dicat dan baju warna warni cerah seperti Ayu Ting-Ting. Phase selanjutnya akan dievaluasi nanti lihat respon publik.

Wah, tak nyangka saya sudah seperti Manager Artis saja ya? Punya marketing plan untuk Trio Mendoan yang akan kami garap. Meski saya belum mantap 100% merespon ajakan mas HS. Bisa saja saya tak jadi ikutan.

Sobat properti, maaf kali ini karena ilustrasinya sudah kepanjangan (gara-gara terlalu bersemangat menceritakan miss XXX), saya agak malas membuat implementasi teori Competitive Advantage didalam dunia properti seperti artikel-artikel sebelumnya. Yang penting kita semua tahu bahwa ada 3 jurus dasar untuk menciptakan keunggulan kompetitif atas pesaing kita, yaitu;

1. Cost Leadership
2. Differensiasi
3. Focus

Lakukanlah itu dan aplikasikan didalam pemasaran produk properti anda. Semoga sukses !!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis