BETULKAH MERINTIS BISNIS PROPERTI SEBAGAI PENGEMBANG BENAR-BENAR GAMPANG??? Silahkan simak jawabannya disini : http://bukupengembangproperti.blogspot.com/2012/03/merintis-bisnis-properti-sebagai.html

Cari Artikel Menarik Disini

Senin, 02 Agustus 2010

Tips Properti ; JURUS PENGENDALI TANAH (efisiensi biaya cut and fill)



JURUS PENGENDALI TANAH

Efisiensi Biaya Cut and Fill

Seorang teman yang lulusan Sarjana Teknik Sipil ITB (Institute Tetangganya Bandung) merengek rengek minta dibantu membudget biaya infra yang bengkak, karena di proyeknya seluas 3 ha diperkirakan harus menimbun dengan volume 30.000 m3. Diestimasi memerlukan biaya 1,2 Milyar, asumsi mendatangkan lahan @ 40.000/m3.

Saya dijemput dan diajak datang ke proyeknya. Setelah melihat sekilas dimana ternyata lahannya datar tapi kisaran 1 meter dibawah jalan, dengan merapal Ilmu Jin (JURUS PENGENDALI TANAH), saya katakan begini; Tolong transfer uang 20 juta ke rekening saya. Itu buat biaya sewa hotel pemain2 PSIS yang menjalani laga away akhir pekan nanti.

Panggil kontraktor tanah kesini, akan saya beri petunjuk Ilmu Jin supaya harga pekerjaan yang semula kamu estimasi 1,2 milyar, bisa saya tekan menjadi 240 juta saja. Oke???

Meski agak ragu, teman saya menuruti apa kata saya dan memanggil kontraktor tanah untuk bertemu saya. Tentu saja uang 20 jutanya ditransfer dulu, hehe ..

Saat bertemu kontraktor tanah, saya cuma katakan begini;
Saya tidak mau nego dengan menghitung volume secara meter kubik. Tak ada cerita mendatangkan lahan dari luar. VOLUME CUT MESTI SAMA DENGAN VOLUME FILL. Kita hitung per meter persegi saja, yaitu 8.000/m2 x 3 hektar. Total 240 juta.

Ikuti petunjuk jin dibawah ini, pasti pekerjaan anda beres tanpa ambil lahan dari luar.

1. Membuat badan jalan sebagai urutan pertama yang harus dikerjakan dengan menyesuaikan arah aliran air.
2. Potongan memanjang (long section) jalan tidak boleh melebihi 10%.
3. Potongan melintang (cross section) jalan tidak boleh melebihi 5%, biar air cepat masuk ke saluran.
4. Ketinggian kavling dari jalan antara 50 - 100 cm. Artinya max 1 m saja.
5. Drop antar kavling (split level) max 50 cm saja.
6. Split antara blok yang beradu punggung max 1 m saja.
7. Area dimana direncanakan berdiri pos satpam (gerbang) harus datar minimal sepanjang 6 meter.

Kontraktor tanahnya agak bingung. Dia minta dibuatkan gambar Grading Plan nya. Saya jawab tak perlu gambar. Ikuti saja JURUS PENGENDALI TANAH diatas, dijamin anda tetap untung.

4 hari sesudah pertemuan itu;

"Kontraktor sudah mau tanda tangan SPK senilai 240 juta saja" (SMS teman)

3 bulan sesudah pertemuan itu;

"Pekerjaan tanah selesai. Jurus Pengendali Tanah ajaranmu benar benar oke. Thanks pren .." (SMS teman)

2 komentar:

  1. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly
    (Kellywoodloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  2. maaf itu max 10% dan 5% apakah yg di maksud elevasi terhadap jarak?
    thanks.
    alfred.edvant@gmail.com

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis